Tweet ke @CelotehBogor Dan Berbagi ke Followers @CelotehBogor

Al Mustofa Salah Satu Masjid Tertua di Kota Bogor

Masjid Al Mustofa yang terletak di Bagian Utara Kota Bogor tepatnya di wilayah Kampung Bantarjati Kaum, Kelurahan Bantarjatii, Kecamatan Bogor Utara merupakan salah satu masjid tertua di Kota Bogor

Masjid AL-Mustofa yang di perkirakan dibangun pada abad ke-17 itu dapat dilihat berdasarkan struktur bangunan yang sudah menggunakan bata merah, ungkap Rachmat Iskandar, salah satu pemerhati benda-benda Cagar Budaya (BCB)

Ia mengatakan, masjid Al-Mustofa didirikan sekitar tahun 1740an. "Masjid tersebut bisa dipastikan tertua karena dapat dilihat dari struktur bangunan dan Toponini, asal usul nama serta topografis letak geografisnya. 

Pria Lulusan Fakultas Seni Rupa dan Design (FSRD) ITB Tahun 1981 itu menuturkan, berdasarkan juru peliharanya, Masjid Al-Mustofa juga memiliki Al Quran tulis tangan diatas kulit binatang yang kini tersimpan di masjid tersebut yang diperkirakan di tulis pada ratusan tahun silam. 

"Namun sampai saat ini belum diketahui siapa penulis dan perkiraan tahun penulisannya karena belum dilakukan penelitian terhadap tulisan Al-Quran tersebut,"lanjutnya.

Sedangkan Masjid Empang sendiri diterangkan Rachmat, dibangun di pusat kota pada jaman kolonial Belanda sekitar abad ke 18 yakni sekitar tahun 1800an. Selain itu, dilihat dari struktur bangunan yang ada di masjid empang sudah memiliki struktur betonisasi yang mulai di gunakan pada abd ke delapan belas," terang mantan PNS staf pelestarian Budaya pada Disbudpar Kota Bogor yang purnabhakti sejak tahun 2008 lalu.

Rachmat menuturkan, pada jaman kolonial Belanda dikenal adanya tiga kawasan pemukiman bergengsi kala itu di Bogor. Menurut Jeams Loudon ada tiga kawasan pemukiman yaitu, Kedung Halang Land, Empang, Kawasan China.

Rachmat menandaskan, dengan perbandingan kedua masjid bersejarah itu, Masjid Al-Mustofa merupakan masjid tertua yang ada di Kota Bogor. "Saya sendiri kurang paham, kenapa masjid yang memiliki nilai sejarah itu belum masuk kedalam daftar BCB," tandasnya.

Sayangnya masjid yang sudah dinyatakan sebagai Masjid tertua di Kota Bogor itu sampai saat ini belum terdaftar sebagai benda cagar budaya. Bahkan menurut Rachmat keberadaan Masjid yang telah turut membentuk ahlakul qarimah warga sekitar secara turun temurun itu baru akan di usulkan untuk masuk dalam daftar BCB pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

"Rencananya akan di SK-kan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Benda Cagar Budaya Tidak Bergerak," jelasnya



Sumber: KotaBogor.go.id

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Celoteh Bogor