Tweet ke @CelotehBogor Dan Berbagi ke Followers @CelotehBogor

#InfoSehat | Membuat Sirup sendiri untuk berbuka puasa

ulan puasa sebentar lagi datang. Kebiasaan yang paling nikmat saat berbuka puasa adalah minum sirup yang segar, serta makan kurma manis. Jika biasanya Anda membeli berbotol-botol sirup sebagai persiapan untuk berbuka puasa, maka kali ini cobalah untuk membuat sendiri.

Keuntungan membuat sirup sendiri adalah, tak ada bahan pengawet yang ditambahkan ke dalam sirup tersebut. Biaya juga lebih murah, dan hasilnya lebih banyak.

Rasa pun bisa Anda pilih sesuai selera keluarga Anda. Pemilihan bahan alami sebagai penambah aroma tentu akan membuat sirup buatan Anda memiliki tambahan vitamin dan mineral.

Cara membuat sirup:

Bahan:
1 kg gula pasir, 1 liter air (atau kalau Anda ingin lebih encer maka tambahkan lagi airnya), perasa sesuai selera (buah strawberry, bunga rosella, vanili, moca, kopi, dll), susu kental manis 1/2 kaleng (jika Anda suka sirup dengan aroma susu).

Cara:
Rebus air dan gula di panci bersih hingga mendidih. Masukan buah strawberry atau bunga rosella sebagai perasa. Tambahkan susu kental manis, aduk hingga tercampur rata. Jika Anda menggunakan esense atau perasa buatan, maka masukan setelah api dimatikan. Jangan terlalu banyak, sebab akan menimbulkan rasa pahit.

Setelah sirup dingin, maka sisihkan buah alami yang jadi perasa pada sirup buatan Anda. Siapkan botol bersih sebagai wadah sirup, dan masukkan sirup ke dalamnya.Simpan dalam lemari pendingin.

Sirup siap dihidangkan.





Telkomsel BlackBerry8520®

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Celoteh Bogor